Syarat, Jadwal dan Biaya Perpanjang SIM

Informasi Syarat, Jadwal dan Biaya Perpanjang SIM di SIM Keliling Lokasi di Pasar Baru, Jakarta Pusat.

Informasi syarat, jadwal dan biaya perpanjang sim keliling lokasi di jakarta pusat

Awal tahun ini, akhirnya memutuskan untuk benar-benar berangkat ke SIM keliling untuk perpanjang SIM setelah sekian lama delay melulu. Sudah mepet banget waktunya, hehe… Berhubung kantor ada di Jakarta Pusat, aku ambil lokasi yang dekat kantor saja, supaya ga terlalu jauh balik ke kantor. Lokasinya di Kantor Pos Pasar Baru. Tepatnya si mobil SIM Keliling berlokasi persis di dekat pintu gerbang masuk Kantor Pos Pasar Baru, depannya Dunkin Donuts. You won’t miss it 🙂

Jam 8 pagi sampai sana, ternyata masih persiapan untuk buka. So, aku jalan-jalan dulu cari tempat fotokopi. Masuk lebih dalam di kompleks Kantor Pos Pasar Baru, disana ada masjid kecil. Persis di sebelahnya ada koperasi. So, aku masuk dan fotokopi KTP disitu.

Setelah itu balik lagi ke mobil SIM Keliling, jalan santai aja…  Sesampai disana ternyata malah sudah ada 4 orang ngantri, hehehe… Si Bapak yang melayani sedang beres-beres mejanya di luar mobil, masih belum mulai buka pelayanan. Ada beberapa kursi di situ, so aku duduk ajah…

Ketika akhirnya buka, kita disuruh kumpulin fotokopi SIM yang mau diperpanjang dan KTP. Lhoooo… yang diminta fotokopi SIM toh, bukan KTP? Pusing juga… Tapi si Bapak baik, dia bilang SIM aslinya saja kalo tidak bawa fotokopi SIM.

Setelah menyerahkan SIM A, SIM C dan KTP, kita diberi formulir untuk diisi. Dan tibalah waktu mengantri untuk foto. Tiga orang dipanggil untuk naik mobil, aku masuk kloter kedua… Gak terlalu lama juga sih nunggunya, ga sampai 15 menit mereka keluar satu persatu membawa SIM barunya.

Giliran 3 orang dipanggil lagi termasuk aku. Begitu masuk dalam mobil, ternyata ada 3 orang petugas disitu. Buset, mobil sekecil itu kukira cuma ada 1 petugas yang melayani. Di situ kita disuruh scan jempol kiri, jempol kanan, dan foto. Berhubung aku perpanjang 2 SIM, jadi aku melalui proses ini 2 kali, sambil berharap fotoku jadinya cakep. Jangan kuatir, di dalam mobil itu juga ada 2 cermin bagi yang merasa perlu memperbaiki penampilan sebelum foto, hehe…

Orang sebelumku, dia perpanjang hanya SIM C, dan habis foto dia “ditagih” Rp 135.000,-…. Buset, batinku, kalo 2 SIM jadi berapa? Bodohnya aku mau perpanjang SIM ga mikir bahwa pastilah pake bayar! Langsung dah aku cek dompet, sekalian ngitung duit yang ada… Hmmm kalau dua kali lipatnya masih cukuplah ternyata duitku. Legaaa…

Setelah foto selesai, aku ditagih Rp 275.000,-… Lho…! Kukira kalau 2 berarti Rp 270.ooo,-? Ah ya sudahlah beda dikit ini… Ku bayar si Bapak, dan keluar dari mobil. Bapak yang diluar sudah sigap meminta SIM yang sudah jadi untuk diberi pelapis anti gores. Kukira gratis, ternyata bayar juga, hahaha… Sekilas kulihat fotoku di kartu SIM…ah, sudah cakep. Layaklah dikasih anti gores, ga bikin bangkrut kok 😀

So, untuk yang ingin perpanjang SIM via mobil SIM Keliling di Jakarta, ini infonya:

 

Syarat Perpanjang SIM

  • Umur “mati”nya SIM di bawah 1 tahun. Kalau sudah lebih lama dari itu, kudu langsung ke Daan Mogot 😀
  • Bawa fotokopi KTP dan SIM yang akan diperpanjang. Tapi ini gak terlalu perlu, karena Bapak yang di SIM Keliling Pasar Baru ternyata baik hati 🙂 ada disitu mesin printer kecil yang bisa fotokopi. Dan dia mau memfotokopi KTP dan SIM kita gratissss…

 

Biaya Perpanjang SIM

  • Biaya form: Rp 2000,-
  • Biaya SIM A dan SIM C: Rp 275.000,- : untuk SIM C saja Rp 135.000,-
  • Biaya pelapis anti gores: Rp 20.000,- (Rp 10.000/SIM)

Total: Rp 297.000,- (Januari 2014)

Untuk pelapis anti gores kayaknya juga gak wajib sih… Hanya bagi yang tertarik saja ;P

 

Jadwal SIM Keliling

Jam Operasional: 08:00 s/d 13:00 WIB

Tidak terlalu lama juga ternyata waktu pengurusannya. Waktu itu jam 09.00 pagi urusanku sudah selesai disana dan langsung berangkat menuju kantor 🙂

***

Artikel terkait:

Lokasi SIM dan STNK Keliling di Jakarta

 

Pencarian:

  • syarat perpanjangan sim keliling
  • biaya perpanjang sim keliling
  • syarat perpanjang sim keliling
  • biaya perpanjangan sim c di mobil keliling
  • syarat perpanjang sim c di sim keliling
  • persyaratan perpanjang sim keliling
  • cara perpanjang sim di sim keliling
  • syarat perpanjang sim
  • cara perpanjang sim keliling
  • perpanjang sim

Posted in INFORMASI, Jakarta, Jakarta Pusat, SIM, Umum and tagged , , ,